Friday, June 12, 2015

Berita X-Jokowi: Fantastik! Ini Rahasia Air Istimewa di Proses Siraman Gibran-Selvi

Potret-Penuh-Haru-Presiden-Jokowi-dan-Ibu-Iriana-Saat-Pernikahan-Gibran-Selvi-

Kabarmaya.com – Pernikaham Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda sudah dilakukan pada hari Kamis (11/6) kemarin. Banyak serangkaian prosesi ada Jawa yang dilaksanakan sebelum akad nikah dibacakan. Salah satunya adalah prosesi siraman.

Prosesi siraman dilakukan di kediaman mempelai masing-masing pada hari Rabu (10/6) setelahdiadakan prosesi lamaran sehari sebelumnya, Selasa malam (9/6). Perhelatan akbar Presiden Indonesia tersebut agaknya juga menjadi hajat bagi semua warga Solo.

Menurut adat Jawa, air siraman mempelai pria merupakan kiriman dari mempelai wanita. Prosesi siraman ditandai dengan pemasangan bleketepe (anyaman janur) di depan rumah. Namun tahukah air yang digunakan pada prosesi siraman adalah air yang istimewa?

Air istimewa tersebut diantar oleh tiga orang perwakilan dari keluarga Selvi. Air siraman diantar dengan berjalan kaki karena hanya berjarak 400 meter dari rumah Jokowi di Solo. Ternyata Gibran dan Selvi merupakan tetangga yang berada dalam satu desa Sumber, Banjarsari, Surakarta.

“Ini air untuk siraman mas Gibran sudah dari kemarin disiapkan. Air ini dari masjid dan dari rumah, langsung bisa dipakai mas Gibran. Tujuh sumber mata airnya ini dari Masjid Agung Surakarta, Ndalem Mloyokusuman, Kraton Kasunanan, Kraton Mangkunegaran, Masjid Mangkunegaran, Air Zam Zam dan sumur di rumah Selvi,” papar Heru Heriyanto, perwakilan keluarga Selvi hari Rabu (10/6).

Dengan diguyur air istimewa tersebut, Gibran dan Selvi kemudian bersiap untuk melakukan akad nikah keesokan harinya. Kini Jokowi menambahkan satu anggota baru ke dalam keluarganya. Semoga kebahagiaan senantiasa terlimpahkan kepada keluarga besar Presiden Indonesia kita.

Baca juga:

Potret Penuh Haru Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Saat Pernikahan Gibran-Selvi

Tragedi Di Tengah Hajatan Jokowi, Tukang Becak Pengantar Tamu Undangan Meninggal Dunia

Jokowi Nikahkan Gibran Rakabuming-Selvi Ananda, Tukang Becak Kasih ‘Kado’ Spesial

Sibuk Menikahkan Anak, Presiden Jokowi Tetap Utamakan Kepentingan Negara

Baju Nikah Anak Jokowi Kena Kritik Netizen, Kenapa?

 

No comments:

Post a Comment